Cara Membuat Crepes

Ingin mencoba Jualan Online atau Jualan Offline? Coba dulu deh usaha yang satu ini. CREPES! Simak yuk cara buatnya

Bahan-Bahan Crepes

Sebelum Anda membuat crepes, lebih baik siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan resep crepes ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui supermarket atau swalayan. Adapun bahan yang diperlukan antara lain seperti:

  • Tepung terigu cukup dengan 100 gram, ayak hingga halus
  • Telur ayam sebanyak 3 butir, kocok lepas
  • Susu cair sekiranya sebanyak 175 ml
  • Air cukup dengan 50 ml
  • Butter/mentega sekitar 2 sendok makan, lelehkan
  • Perasa Vanilla sesuaikan dengan kebutuhan
  • Garam seperlunya saja

Baca: Cara Bisnis Online

Cara Membuat Crepes Sederhana

Pertama kalinya siapkan terlebih dahulu sebuah wadah untuk mencampurkan adonan. Anda bisa memilih baskom agar mudah. Setelah itu campurkan antara tepung terigu dengan garam. Apabila sudah merata, bentuk campuran tadi seperti gunung berkawah.

Selanjutnya, masukan sedikit demi sedikit kocokan telur ayam yang sudah dipersiapkan. Sambil memasukan berilah adukan-adukan secara lembut agar dapat tercampur merata. Apabila kesulitan mengaduknya, Anda dapat menggunakan bantuan mixer atau whisk.

Setelah adonan tercampur secara merata, masukan susu secara sedikit demi sedikit ke dalamnya sambil diaduk. Lalu masukan pula perasa vanilla, air, dan mentega. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan dapat tercampur rata. Usahakan adonan yang terbentuk sudah halus dan agak encer.

Kemudian, diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 30-40 menitan. Jangan lupa tutup adonan dalam baskom tadi dengan kain lap basah.Sambil mendiamkan adonan tersebut, siapkan wajan anti lengket berukuran kurang lebih 30 cm. Apabila tidak ada wajan anti lengket, Anda masih bisa menggunakan wajan biasa dengan olesan minyak sedikit.

Panaskan wajan tersebut sampai mengeluarkan asap pada bagian permukaannya. Lalu tuangkan adonan yang telah kita buat tadi. Usahakan ketika menggoreng gunakan api kecil hingga sedang saja. Selain itu jangan lupa untuk sesekali menggoyang adonan tersebut agar tidak mudah gosong.

Proses penggorengan ini sangat penting dan menentukan hasil akhir crepes Anda nanti. Apabila terbentuk lubang pada bagian adonan, tutup langsung dengan menambahkan adonan baru agar hasilnya tidak berantakan.

Masak crepes tadi sampai setengah matang. Jika sudah setengah matang, masukan bahan isian sesuai selera masing-masing, seperti misalnya potongan pisang, irisan telur rebus, keju, coklat, ice cream, dan masih banyak lagi.

Apabila isiannya sudah masuk, lipat kulit crepes tersebut dan tunggu sampai kering. Setelah kering, sajikan crepes selagi masih hangat sebagai camilan lezat keluarga tercinta. Crepes ini juga sangat cocok dijadikan bekal ke sekolah bagi si bua hati.

Tips Membuat Crepes Lebih Nikmat dan Spesial

Olahan crepes di atas sangat cocok apabila kita hidangkan saat ada acara spesial keluarga, seperti acara ulang tahun pasangan, anak, arisan, dan masih banyak lagi. Agar crepes semakin spesial dan nikmat dikonsumsi, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Tambahkan toping menarik

Toping sangat penting dalam membuat crepes yang lebih spesial. Anda bisa menambahkan toping susu kental manis, parutan keju, selai, dan lain sebagainya. Aneka toping ini akan membuat anak-anak semakin menyukainya.

  • Sajikan dalam keadaan dingin

Crepes akan semakin renyah dan nikmat apabila Anda sajikan ketika beku atau dingin, terutama apabila menggunakan isian es krim. Oleh karena itu, masukan 30 menit ke kulkas terlebih dahulu sebelum menyajikan kuliner satu ini.

Nah itu dia cara Membuat Crepes. Yuk simak juga Cara Membuat Cupcakes

Tinggalkan komentar